Proposal Bisnis

I. RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)

Hill Ice Cream adalah sebuah gerai khusus yang menjual berbagai produk es krim bervariatif, unik, rendah lemak, dan tanpa mengurangi cita rasa es krim yang alami. Konsep ini dipelopori oleh keinginan untuk menawarkan sebuah cara baru dalam menikmati es krim, dimana konsumen dapat memilih sendiri rasa es krim yang diinginkannya tanpa perlu mengkhawatirkan kadar lemak yang berlebihan.

Hill Ice Cream, memberikan pelanggannya kebebasan untuk bereksperimen dengan berbagai rasa dan jenis es krim yang tersedia. Metode ini diilhami dari pola self-service dan buffet, dimana konsumen dapat menikmati es krim hasil racikannya sendiri, sekaligus memberikan kenyamanan untuk bebas memilih rasa dan jenis es krim yang digemari. Untuk mendapatkan hasil dan rasa yang maksimal, konsumen akan dipandu oleh sumber daya manusia (tenaga kerja) yang handal untuk membantu dan melayani konsumen dalam memilih rasa es krim yang diingikan.

Terlepas dari konsep buffet yang kami tawarkan, Hill Ice Cream pun akan menyediakan menu-menu utama yang menjadi andalan seperti Lolite Ice Cream, Slimy Creamy, Luve Litee Cream, Froyo Ice Cream, dan Delli Ice Cream. Semua menu utama ini adalah es krim dengan kadar lemak rendah.

Hal yang mendasari didirikannya gerai ini adalah ketiadaan bisnis serupa yang dijalankan di kota Bogor, sehingga gerai ini nantinya akan menjadi gerai khusus pencinta es krim yang pertama didirikan di Bogor.

Lokasi pertama tempat berdirinya Hill Ice Cream akan didirikan di pusat kota Bogor, khususnya di daerah ramai pengunjung seperti di daerah Taman Kencana. Disana, terdapat berbagai restoran dan café yang kebanyakan menyajikan makanan utama, sehingga Hill Ice Cream hadir disana menawarkan suguhan es krim sebagai snack dan desserts.

Dalam memaksimalkan pelayanan dan kenyaman konsumen, gerai ini nantinya akan dilengkapi berbagai macam fasilitas gratis seperti free wi-fi, mushola, wash-room, free parking area, smoking and non-smoking area.

Elemen-elemen utama, dan unik, yang menjadi ciri khas Hill Ice Cream adalah:

1. Produk es krim yang bervariatif dan unik karena tersedia dalam berbagai rasa dan jenis yang belum pernah ada sebelumnya,

2. Produk es krim pertama dengan kadar lemak yang rendah,

3. Sumber Daya Manusia yang handal untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen,

4. Suasana gerai yang nyaman dan fasilitas yang menarik memberikan ketentraman dan suasana tenang bagi konsumen,

5. Metode buffet dan self-service memberikan keleluasaan pada konsumen untuk berkreasi.

Gerai Hill Ice Cream ini, direncanakan, akan dibuka dengan soft launching sekitar bulan Juni 2012, di atas lahan seluas 92m2. Dalam jangka panjang, kami akan memperluas area yang sudah ada, dan penambahan sumber daya manusia serta fasilitas yang tersedia.

II. BISNIS

a. Konsep Bisnis

Peluang membuka bisnis es krim ditinjau dari kesesuaian iklim tropis di Indonesia, dan penikmat es krim tidak terbatas pada usia, kalangan, dan gender. Hampir semua orang pernah mencicipi es krim. Yang membedakan antara satu konsumen dengan lainnya adalah soal cita rasa es krim dan kandungan gizi, sehingga Hill Ice Cream hadir dengan cita rasa es krim yang bervariatif, inilah salah satu keunggulan yang dimiliki Hill Ice Cream.

Hill Ice Cream adalah sebuah konsep baru dalam menikmati es krim dimana konsumen dapat menikmati es krim hasil kreasi dan keterampilan konsumen sendiri dalam memilih menu es krim yang diinginkan, dan dipadukan dengan cita rasa es krim yang kami sediakan. Metode buffet yang diterapkan Hill Ice Cream adalah ciri khas pelayanan sekaligus keunikan dan sensasi tersendiri bagi konsumen untuk menikmati hidangan es krim yang belum pernah ada sebelumnya. Bagi konsumen yang kesulitan dalam berkreasi es krim, mereka akan dipandu oleh tenaga kerja Hill Ice Cream. Tenaga kerja kami akan membantu konsumen untuk memilih rasa, dan juga menginformasikan kandungan bahan yang ada dari setiap rasa es krim.

Konsumen akan disuguhi dengan variasi rasa dan jenis, sekaligus low-fat es krim, sebagai menu utama. Ditunjang oleh fasilitas memadai dan tenaga kerja professional yang tersedia, Hill Ice Cream akan memanjakan konsumen, karena kepuasan dan kenyamanan mereka adalah salah satu etos kerja yang diterapkan.

Target jangka pendek, diperkirakan sekitar bulan Juni 2012, gerai dua lantai seluas 92m2 akan dibuka di pusat kota Bogor. Lahan seluas ini diperkirakan cukup untuk menampung sekitar 30 sampai 40 konsumen di tiap lantainya.

Pada tahap awal, Hill Ice Cream akan melakukan promosi melalui berbagai macam media seperti menyebarkan brosur, website, dan membeli space di radio dan surat kabar lokal pada khususnya. Dalam bulan-bulan pertama setelah Hill Ice Cream resmi dibuka untuk umum, pihak manajemen akan terus melakukan riset terhadap kinerja perusahaan dan kepuasaan konsumen. Hasil riset akan dijadikan tolak ukur kami dalam melakukan evaluasi dan perbaikan di berbagai sistem yang kami terapkan.

Hasil riset jugalah yang nantinya akan membantu Hill Ice Cream untuk memenuhi beberapa target jangka panjang yaitu: (1) memperluas gerai menjadi 150m2, (2) menambah jumlah tenaga kerja apabila diperlukan, (3) menyediakan fasilitas yang lebih baik seiring dengan bertambahnya luas gerai, (4) menambah variasi cita rasa dan menu utama es krim yang disediakan.

Berikut ini adalah beberapa elemen utama yang menjadi keunikan tersendiri dari Hill Ice Cream:

1. Produk es krim yang bervariatif dan unik

Hill Ice Cream menyediakan berbagai jenis flavor es krim berkualitas seperti coklat, strawberry, vanilla, blackcurrant, anggur, dll. Rasa-rasa es krim itu nantinya akan di display di sebuah etalase khusus yang dilengkapi dengan mesin pendingin agar menjaga kualitas dan rasa es krim. Sebagai pelengkap, kami pun menyediakan bahan-bahan penghias sekaligus penambah kenikmatan (toppings) rasa es krim seperti kismis, ceri, kacang almond, saus tiramisu, melted coklat, melted keju, madu, dan potongan kecil buah-buahan lainnya. Nantinya konsumen dapat memilih penyajian es krim itu dengan menggunakan cup, cone, stick, atau waffle.

2. Produk es krim dengan kadar lemak yang rendah

Produk es krim khusus diperuntukan konsumen yang concern terhadap kelebihan berat badan, efek dari mengkonsumsi es krim. Kadar lemak yang rendah tidak mengurangi cita rasa es krim karena bahan dasar pembuat produk ini terdapat kandungan powder chocolate, yoghurt, dan low-fat milk. Lolite Ice Cream, Slimy Creamy, Luve Litee Cream, Froyo Ice Cream, dan Delli Ice Cream adalah variasi menu dan rasa es krim dengan kadar lemak yang rendah.

3. Sumber Daya Manusia

Salah satu penunjang suksesnya Hill Ice Cream ialah dari sisi SDM yang dimiliki, dalam hal ini adalah tenaga kerja. Kami akan merekrut tenaga kerja yang professional dalam bidang gizi, dan pelayanan. Mereka adalah orang-orang terampil yang berpengalaman, bermotivasi tinggi, komunikatif, ramah, dan beretos kerja baik. Kenyamanan dan keamanan dalam bekerja pun akan kami perhatikan dengan baik karena hal ini menyangkut produktifitas tenaga kerja. Pemberian training, dan diikutsertakannya tenaga kerja dalam berdiskusi mengenai permasalahan perusahaan akan menimbulkan kepercayaan diri mereka. Suasana kekeluargaan dan kehangatan hubungan antara satu karyawan dengan yang lainnya adalah kunci sukses efektifnya tenaga kerja. Reward dan bonus sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan, akan diberikan kepada mereka yang berprestasi. Hal ini untuk menambah semangat dan motivasi karyawan yang bersangkutan sekaligus mendorong karyawan lainnya untuk terus memacu potensi dirinya.

4. Fasilitas yang menarik.

Salah satu strategi memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumen, adalah dengan memfasilitasi gerai dengan kebutuhan publik seperti akses wi-fi gratis, mushola, wash-room, free parking area, smoking and non-smoking area. Fasilitas tersebut disediakan dengan tujuan sebagai nilai tambah bagi konsumen sehingga dapat menarik mereka untuk berkunjung kembali. Suasana di dalam gerai ini pun akan dilengkapi dengan berbagai macam design interior (sofa, meja, lukisan, lampu hias, pajangan, plasmaTV, dll.) yang luxurious dan eye-catchy.

5. Metode buffet dan self-service

Metode inilah yang membuat Hill Ice Cream unik, dan belum pernah ada di stand es krim manapun. Konsumen dipersilahkan untuk memilih dan berkreasi sendiri rasa es krim yang diinginkannya. Es krim di display di dalam sebuah mesin pendingin khusus yang di design sedemikian rupa sehingga menimbulkan ketertarikan pada konsumen. Dari beberapa rasa es krim yang tersedia, konsumen bebas memilih rasa dan dipadukan dengan toppings yang diinginkannya juga. Konsumen bisa mencampur adukan adonan es krim satu rasa dengan yang lainnya sehingga nantinya rasa es krim adalah hasil kekreatifan konsumen. Bila konsumen mengalami kesulitan dalam memilih adonan es krim, karyawan kami akan membantunya untuk memilih rasa mixed es krim. Konsumen juga bebas memilih penganan seperti cone, cup, waffle, atau stick. Namun, metode buffet ini tidak berlaku untuk menu low-fat es krim karena penyajian dan bahan bakunya pun berbeda.

b. Produk yang Ditawarkan

Menu utama dan menu pelengkap yang tersedia di Hill Ice Cream antara lain adalah:

1. Mixed Ice Cream

Ini adalah campuran dari berbagai macam adonan es krim yang dipilih dan dikreasikan langsung oleh konsumen. Adapun flavor yang tersedia antara lain adalah, coklat, strawberry, vanilla, mocca, anggur, karamel, cappuccino, dan blackcurrant.

Sebagai pelengkapnya kami pun menyediakan beberapa toppings seperti kismis, ceri, kacang almond, saus tiramisu, melted coklat, melted keju, madu, coklat bubuk, oreo chocolate chips, kopyor, mint, dan potongan kecil buah-buahan seperti jeruk, melon, peach, kiwi, dan apel.

Es krim hasil olahan sendiri ini nantinya akan disajikan dalam “wadah” penyajian seperti cone, cup, waffle, atau stick.

2. Low-Fat Ice Cream

Menu utama lainnya yang disediakan dan menjadi ciri khas utama Hill Ice Cream. Tersedia dalam berbagai variasai rasa es krim. Lolite Ice Cream, Slimy Creamy, Luve Litee Cream, Froyo Ice Cream, dan Delli Ice Cream. Bahan dasar pembuatan es krim dengan kadar lemak rendah antara lain adalah yoghurt, powder chocolate, dan low-fat milk.

Menu Es Krim Flavor Toppings

Lolite Ice Cream Strawberry Oreo Chip + Kiwi

Slimy Creamy Kopyor Madu + Chocolate chips

Luve Litee Cream Coklat Ceri + saus tiramisu

Froyo Ice Cream Vanilla Mint + Jeruk

Delli Ice Cream Mocca Peach + Melted Keju

Hakuna Ice Cream Karamel Apel + kismis

Cabanas Ice Cream Cappucino Ceri + Kacang almond

Nerazzuri Ice Cream Blackcurrant Melted chocolate + madu

3. Beverages

Menu minuman sebagai pelengkap antara lain:

- Es Lemon Tea

- Jus Buah-Buahan Segar: Strawberry, Mangga, Sirsak, Melon, Alpukat.

- Minuman Ringan: Aneka coke.

4. Ice Tart

Ini adalah es krim khusus yang dapat dipesan sesuai dengan keinginan konsumen. Cocok untuk hadiah ulang tahun. Es krim ini berbentuk seperti layaknya sebuah kue tart, dengan flavor pilihan dan hiasan dari beberapa jenis toppings. Tersedia dalam berbagai ukuran diameter.

c. Harga

Harga yang ditawarkan bervariatif, bergantung pada jenis dan bahan dasar es krim yang ada. Adapun secara garis besarnya, dapat diketahui melalui tabel berikut ini:

Flavor Harga

Mixed Ice Cream

Coklat 12.000

Strawberry 12.000

Vanilla 15.000

Mocca 15.000

Anggur 12.000

Karamel 15.000

Cappuccino 15.000

Blackcurrant 12.000

Low-Fat Ice Cream

Lolite Ice Cream 18.500

Slimy Creamy 20.000

Luve Litee Cream 20.000

Froyo Ice Cream 15.000

Delli Ice Cream 17.000

Hakuna Ice Cream 25.000

Cabanas Ice Cream 20.000

Nerazzuri Ice Cream 22.000

Ice Cream Tart

Diameter 22cm 180.000

Diameter 28cm 220.000

Toppings

Kismis 3.000

Buah-Buahan 3.000

Kacang Almond 5.000

Saus Tiramisu 5.000

Melted Coklat 6.500

Melted Keju 8.000

Madu 10.000

Coklat Bubuk 3.000

Oreo Chocolate 3.000

Kopyor 5.000

Mint 5.000

Penganan

Cone 1.000, Waffle 5.000, Cup free, Stick free

Beverages:

Es Lemon Tea 5.000

Aneka Jus Buah 12.500

Aneka Coke 10.000

Harga-harga tersebut nantinya akan disesuaikan dengan harga bahan kebutuhan dasar yang terdapat dipasaran.

Harga-harga tersebut belum termasuk harga special offer (diskon, voucher, dll.) yang ditawarkan dalam event-event marketing / promosi khusus.

d. Persediaan Barang dan Pemasaran

Pada tahap awal, strategi pemasaran yang dilakukan adalah untuk mengenalkan perusahaan beserta produk unggulan yang ditawarkan dengan cara promosi melalui berbagai media ruang.

Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut:

- Penyebaran brosur, dan pemasangan spanduk, di daerah keramaian seperti lampu merah, pintu masuk mall, kampus-kampus, yang berada di sekitar kota Bogor. Di dalam brosur akan tertulis nama gerai Hill ice Cream, alamat, tanggal dan jadwal buka/tutup harian, produk unggulan, dan keterangan lainnya yang menarik seperti diskon khusus selama masa promosi.

- Pembelian space di media radio dan surat kabar local, yang juga berisikan informasi-informasi terkait Hill Ice Cream. Pemilihan space yang akan digunakan didasari oleh berapa jumlah oplah (surat kabar) dan radio-radio tertentu yang banyak didengar oleh target market.

- Memanfaatkan media sosial, Facebook, Twitter, Broadcasted Messages via BBM, untuk sekedar memberikan pengetahuan, sekaligus mind-setting agar lebih mengenal Hill Ice Cream. Word of Mouth marketing pun akan kami aplikasikan jika memungkinkan.

- Merekrut calon-calon karyawan yang kompeten, sekaligus memberikan instruksi dan pengarahan mengenai etos kerja yang akan diterapkan pada perusahaan.

Tahap selanjutnya, strategi pemasaran yang dilakukan adalah untuk mempertahankan loyalitas konsumen, sekaligus menjaga hubungan baik dengan mereka, dan mengevaluasi sistem kerja yang sudah berjalan.

Implementasi strategi ini meliputi:

- Promosi yang berkelanjutan dengan cara, pembagian voucher gratis terhadap konsumen yang sudah beberapa kali datang ke Hill Ice Cream. Pemberian diskon khusus bagi konsumen yang berulang tahun. Penawaran menjadi member tetap (anggota dari Hill Ice Cream) dengan keuntungan-keuntungan menarik seperti diskon, dan gratis merchandises. Bagi konsumen yang datang tepat di hari kelahirannya, Hill Ice Cream memberikan sebuah es krim tanpa pungutan biaya (free of charge).

- Melakukan riset eksternal yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayan yang diberikan. Hasil riset tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar pengevaluasian sistem kerja yang sudah berjalan, sekaligus dan produk yang ada, agar selalu memenuhi kebutuhan konsumen.

- Melakukan riset internal, yaitu sebuah riset untuk mengetahui kepuasan karyawan terhadap kebijakan-kebijakan manajemen, sekaligus mengenai kinerja karyawan dan kontribusinya terhadap eksistensi perusahaan.

e. Layanan Pelanggan

Hill Ice Cream mengobjektifkan pelayanan maksimal yang memuaskan kepada para konsumen. Kunci kepuasan konsumen terletak dari pelayanan maksimal yang dilakukan secara efektif oleh para tenaga kerja. Untuk itulah kami merekrut para tenaga kerja yang qualified. Adapun kriteria qualified yang dimaksud antara lain ialah mereka yang cekatan, komunikatif, persuasif, berpengalaman, dan handal.

Karyawan mempunyai peran penting dalam kemajuan perusahaan, karena merekalah nantinya yang akan berhubungan langsung (face-to-face) dengan para konsumen. Pelatihan, bimbingan, dan counseling dilakukan secara berkala kepada karyawan untuk menaikan tingkat kompetensi mereka terhadap pekerjaannya. Materi bimbingan yang diberikan difokuskan pada peningkatan skill komunikasi, pemahaman produk, dan evaluasi kerja berdasarkan tingkat keefektifan dan keefisienan kerja.

Kedepannya, apabila diperlukan perekrutan tambahan tenaga kerja, para calon karyawan baru akan mendapatkan bimbingan dari para karyawan yang lebih senior, dan diikuti masa percobaan kerja selama tiga (3) bulan. Bila raport calon karyawan baru tersebut dinilai memuaskan, maka yang bersangkutan dapat langsung bekerja.

f. Desain Gerai

Hill Ice Cream dirancang dengan konsep elegan bergaya Tudor dengan interior furniture (sofa, meja), dan hiasan-hiasan lainnya (penerangan lampu hias, lukisan, pajangan) yang serasi sehingga menimbulkan kesan mewah, tenang, dan santai. Telinga konsumen pun akan dimanjakan dengan iringan suara musik-musik klasik karya komposer terkemuka seperti Bach, Mozart, dan Beethoven.

g. Lokasi dan Pilihan Wilayah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas, bahwa gerai Hill Ice Cream akan dibuka di area yang terdapat banyak café dan restoran yang ramai dikunjungi, tanpa mengurangi tingkat kenyamanan dan keamanan di area tesebut. Dari kriteria tersebut, daerah yang cocok sebagai tempat berdirinya Hill Ice Cream adalah di sekitar Taman Kencana, Bogor. Selain mudah dijangkau, area ini praktis menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di kota Bogor.

Berbeda dengan stand es krim lainnya, Hill Ice Cream tidak membuka sebuah gerai di mall. Terlepas dari kemungkinan lebih banyaknya pengunjung ke mall, tetapi Hill Ice Cream lebih mementingkan kenyamanan, ketentraman, dan ketenangan suasana, jauh dari suara-suara gaduh dan hiruk-pikuk.

h. Pasokan Barang Dagangan

Melakukan kontrak kerja sama dengan pihak supplier yang dapat menyediakan bahan-bahan baku keperluan produksi es krim dan produk lainnya. Supplier harus dapat memberikan bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan. Semua orang berhak menjadi supplier dengan kriteria yang dicermati adalah kinerja, kemudahaan untuk memasok bahan baku, kualitas bahan baku, dan harga yang ditawarkan. Nilai-nilai kejujuran pun akan sangat diperhatikan.

i. Operasi Gerai dan Manajemen

Perkiraan jumlah pegawai yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan perusahaan adalah 9 (sembilan) orang, dengan gambaran 1 (satu) orang manager / pengelola, 1 (satu) orang petugas keamanan, 1 (satu) orang kasir wanita, 2 (dua) orang waitress yang bertugas melayani, menjamu dan menawarkan produk, 2 (dua) orang koki es krim untuk meracik sekaligus memandu konsumen, dan 2 (dua) orang office boy bertugas merapikan dan membersihkan furniture dan perkakas lainnya.

Setiap pegawai diberikan kesempatan libur setiap dua minggu sekali sebanyak 1 (satu) hari. Sistem rolling akan diberlakukan bagi mereka agar tidak terjadi kekosongan posisi yang ditinggalkan. Adapun jam kerja mereka terbagi dalam 2 (dua) shift, yaitu shift I: masuk pukul 09.00, dan pulang pukul 19.00 dan shift II: masuk pukul 12.00, dan pulang pukul 10.00. Masing-masing shift akan diberikan waktu istirahat sebanyak 2 (dua) kali selama 30 menit. Karyawan tidak dianjurkan untuk melakukan kerja overtime. Namun apabila mereka melakukan kerja diluar jam yang telah ditetapkan, akan diberikan insentif tambahan yang akan diakumulasikan di akhir bulan.

Hill Ice Cream beroperasi mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00 pada weekdays, dan pukul 09.00 sampai dengan 22.00 pada weekends.

III. PASAR

Pada dasarnya, penikmat es krim muncul dari berbagai kalangan. Hampir semua orang menyukai es krim. Namun, untuk memudahkan strategi pemasaran berdasarkan 4 (empat) komponen, atau 4P, yaitu produk (Product), harga (Price), distribusi (Place) dan promosi (Promotion), maka segmentasi pasar target market Hill Ice Cream secara umum dikategorikan sebagai berikut:

Jenis Kelamin: Pria (40%) dan Wanita (60%)

Usia: Remaja 15 – 18 tahun (20%), Dewasa 18+ tahun (80%)

Status Sosial Ekonomi: Menengah ke atas

Pekerjaan: Pelajar, Mahasiswa, Pekerja, dan Keluarga

Daerah tempat tinggal: Perkotaan

Adapun segmentasi khusus target market, untuk produk unggulan Low-Fat Ice Cream, berdasarkan studi Lowe dan majalah SWA (tahun 2005), adalah Segmen 8, yaitu Bintang Panggung/The Spontaneous Fun Loving.

Wanita yang tergolong dalam kategori ini, cenderung menyukai hal-hal yang baru, concern dengan kondisi penampilan fisik, pergaulan yang luas, dan cenderung kuat dalam hal persuasif. Gaya hidup mereka yang senang bersosialisasi akan memudahkan mereka untuk mengajak kerabatnya mengikuti hal yang dilakukannya. Mereka memegang peranan penting dalam marketing Word of Mouth.

Positioning

Kriteria yang tepat untuk memilih motto produk dan perusahaan pada umumnya ialah simple, mudah diingat, mudah diucapkan, mudah dipahami, dan menarik.

Beberapa contoh motto yang dapat digunakan, misalnya:

- Hill Ice Cream: Creamy Your Life

- Hill Ice Cream: Rajanya Ice Cream

- Hill Ice Cream: Cita Rasa Es Krim Asli

IV. PELANGGAN

Target market Hill Ice Cream adalah para pelajar, mahasiswa, pekerja, wanita karir, dan keluarga. Secara demografis, mereka adalah orang-orang dengan karakteristik usia dewasa, status sosial B hingga A+, dan tinggal di perkotaan. Pemilihan lokasi di Taman Kencana pun dianggap sesuai karena disana banyak sekali tempat wisata kuliner yang banyak dikunjungi pada hari libur, dekat dengan lokasi perkuliahan dan sekolah, dan mudah dijangkau karena berada di tengah-tengah kota Bogor.

Perusahaan berharap, tingkat kepuasan konsumen cukup tinggi pada kunjungan konsumen pertama kali sehingga hal ini memberikan kesan yang cukup baik bagi mereka. Ketika pelanggan puas dengan pelayanan yang ada, hal ini dipastikan dapat menarik pelanggan untuk berkunjung kembali ke Hill Ice Cream. Kunjungan kembali pelanggan dapat dilakukan dengan cara promosi-promosi persuasif seperti pemberian diskon, voucher, dan free of charge ice cream bagi konsumen yang datang bertepatan dengan hari kelahirannya.

V. PERSAINGAN

Hill Ice Cream adalah cafe pertama yang menyediakan es krim sebagai menu utama dengan konsep buffet dan produk es krim berkadar lemak rendah. Konsep bisnis yang telah digambarkan, sampai saat ini, belum ada pesaingnya untuk wilayah Bogor. Hill Ice Cream akan menjadi pelopor baru berdirinya sebuah tujuan wisata kuliner lainnya di Bogor. Hal ini jelas merupakan suatu hal yang unik, dan baru, sekaligus akan menjadi ciri khas tersendiri Hill Ice Cream.

Dengan konsep seperti yang telah digambarkan, Hill Ice Cream hampir tidak mempunyai pesaing yang serupa. Namun, persaingan bisnis ini justru datang dari restoran lain, atau perusahaan lain, yang juga menjual es krim. McDonalds, Walls, dan Campina adalah para pesaing bisnis yang kuat. Persaingan timbul dari sisi produk, dan pelayanan.

Keunggulan para pesaing antara lain, tiga merk dagang tadi sudah memiliki produk es krim yang terkenal di masyarakat. Produk mereka yang sudah sangat dikenal, dikhawatirkan, dapat mencegah konsumen untuk mencoba sesuatu yang baru.

Dari segi pelayanan, produk mereka dapat didapat dan dijumpai dengan mudah. Contohnya, franchise McD kini mulai menjamur di kota Bogor. Lain halnya dengan Walls dan Campina, yang produknya dapat dibeli di mini market dan melalui pedagang-pedagangnya yang disebar ke pelosok daerah dengan menggunakan sepeda motor atau gerobak dorongnya.

Disinilah Hill Ice Cream akan menyiasati persaingan bisnis dengan memanfaatkan “kelemahan” pesaing yaitu dengan produk yang bervariatif sesuai dengan kebutuhan konsumen (Mixed dan Low-fat Ice Cream), serta kenyamanan pelayanan, dari sisi suasana lingkungan, dan keramahan dari para karyawan yang friendly.

Persaingan bisnis ini, akan lebih mudah dipahami dengan menyusun SWOT analisis seperti berikut:

o Strengths:

• Cita rasa es krim yang bervariatif sehingga membuat konsumen mempunyai banyak pilihan rasa sesuai yang diingkannya

• Lingkungan gerai yang nyaman, lokasi yang tenang, dengan suasana kehangatan

• Tenaga kerja professional, pelayanan yang memuaskan konsumen

• Satu-satunya gerai es krim yang memiliki menu utama low-fat ice cream

- Weaknesses:

• Kesulitan menandingi produk kompetitor yang sudah lebih dulu terkenal di masyarakat

• Konsumen harus mendatangi gerai untuk menikmati produk karena kami tidak melayani pesan antar, dan tidak memiliki cabang lainnya selain di kota Bogor.

• Opportunities:

• Memperluas gerai, sehingga dapat menampung lebih banyak konsumen

• Menambah fasilitas dan menawarkan lebih banyak variasi cita rasa

• Program marketing dan promosi yang akan menarik konsumen

- Threats:

• Pesaing membuka lebih banyak cabang sehingga lebih mudah untuk dijangkau

• Munculnya café sejenis dan meniru konsep yang telah kami jalankan

• Produk-produk baru yang ditawarkan pesaingan, biasanya muncul dengan konsep pemasaran dan promosi yang lebih baik pula.

VI. MANAJEMEN

Struktur manajemen diterapkan dan digambarkan sesuai dengan nilai dan aspek berikut ini:

- Professionalisme,

- Penentu kebijakan perusahaan dan decision maker,

- Musyawarah mufakat dalam merumuskan dan mengatasi permasalahan,

- Kekeluargaan, tegas, adil, arif, dan bijaksana,

- Meminimalisir perbedaan, dan menyamakan persepsi,

- Memiliki keahlian dalam bidang keuangan, pemasaran, dan hukum

- Kejujuran.

VII. PROYEKSI KEUANGAN

Modal

Modal akan dialokasikan dengan gambaran seperti di bawah ini:

• Biaya sewa gerai (untuk 1 tahun sewa) Rp. 15.000.000

• Desain Interior Rp. 3.500.000

• Mesin pembuat es krim (Tipe: BQ 316) Rp. 11.000.000

• Lemari Pendingin (Freezer) Rp. 5.000.000

• Etalase Pendingin ShowCase (Tipe: WCZ 208L) Rp. 12.500.000

• Bahan Baku (Gula, Tepung, Telur, Cone, Cup, dll) Rp. 3.000.000

_____________ +

Rp. 50.000.000

Biaya Tidak terduga (10%) Rp. 5.000.000

_____________ +

Rp. 55.000.000

Penjualan

Diasumsikan penjualan pada tahap awal adalah 50 cup, 25 stick, 40 waffle, dan 30 low-fat ice cream. Angka tersebut sudah termasuk angka penjualan di tempat dan take away, namun belum termasuk penjualan produk beverages dan tart ice cream. Jumlah pengunjung diasumsikan: 100 orang pada pada hari biasa dan 175 orang pada hari libur. Dengan persentase penjualan: 35% Mixed Ice Cream, 30% Low-Fat Ice Cream, 20% beverages, 10% take away, dan 5% tart ice cream.

Gaji

Proyeksi gaji karyawan:

Petugas Keamanan Rp. 1.000.000/bulan

Petugas Kasir Rp. 900.000/bulan

Waitress (2 Orang) @ Rp. 900.000/bulan

Koki (2 Orang) @ Rp. 1.200.000/bulan

Office Boy (2 Orang) @ Rp. 750.000/bulan

Insentif kerja overtime Rp. 7.000/jam

Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut:

Gross Margin 75%

Operating CF/Sales 20%

Operating CF/Interest 50%

Operating CF/Investment 30%

Leave a response and help improve reader response. All your responses matter, so say whatever you want. But please refrain from spamming and shameless plugs, as well as excessive use of vulgar language.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.